Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Buruh Berlanjut ke Pabrik Susu

Kompas.com - 27/09/2012, 16:49 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBI), Kamis (27/9/2012), terus berlanjut. Masa mulai bergerak ke PT. Frisian Flag Indonesia, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Iya, kami mau lanjut di Susu Bendera, Pasar Rebo. Masa sekitar 350-an. Tapi mungkin akan ada lagi yang datang," ujar seorang demonstran.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, para buruh yang menggunakan kendaraan roda dua, mulai memasuki Jl. Dewi Sartika, Kramat Jati, Jakarta Timur, pukul 16.15 WIB.

Konvoi buruh tersebut dikawal sebuah mobil patroli kepolisian. Dalam konvoi itu para buruh yang seluruhnya menggunakan kaos berwarna merah tersebut meneriakkan tuntutannya kepada setiap orang di tepi jalan.

Tak hanya itu, para buruh juga meminta dukungan agar tuntutannya segera dipenuhi pemerintah. Para buruh itu merupakan bagian dari puluhan ribu buruh yang berdemonstrasi di kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis siang.

Mereka menuntut penghapusan sistem kerja outsourcing dan upah murah. Para buruh mempertanyakan fungsi pejabat negara yang tidak berbuat apapun ketika hak-hak buruh ditindas sistem outsourcing atau alih daya dan upah murah. (C18-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com