Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Pemenang Pilkada DKI Jakarta Ditetapkan

Kompas.com - 28/09/2012, 21:31 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah penghitungan rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi selesai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan menetapkan gubernur terpilih berdasarkan perolehan suara terbanyak pada Sabtu, 29 September 2012, besok.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan KPU Provinsi DKI Jakarta Jamaluddin F Hasyim mengatakan, penetapan calon yang unggul pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 akan dilakukan di kantor KPU Provinsi DKI Jakarta.

"Seperti pada putaran pertama, pengumuman sekaligus penetapan pemenangnya dilakukan di kantor KPU DKI," kata Jamal saat dijumpai usai Penghitungan Rekapitulasi Perolehan Suara tingkat Provinsi, di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (28/9/2012).

Kendati demikian, warga Jakarta sudah dapat melihat siapa pemimpin Jakarta selanjutnya berdasarkan hasil resmi KPU Provinsi DKI Jakarta yang dirilis Jumat ini. Hampir sama dengan hasil hitung cepat beberapa lembaga survei, pasangan Jokowi-Basuki tetap unggul daripada pasangan Foke- Nara.

Berdasarkan data dari KPU Provinsi DKI Jakarta, dari total jumlah pemilih dalam DPT sebanyak 6.996.951 orang, hanya 4.592.945 orang yang tetap datang menggunakan hak pilihnya pada 20 September lalu. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.472.130 memilih pasangan Jokowi-Basuki. Sementara pasangan Foke- Nara hanya berhasil mengantongi suara sebanyak 2.120.815.

Berita lain terkait Pilkada DKI Jakarta dapat diikuti di topik: Jakarta1.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com