Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertipu Undian Berhadiah, Jutaan Rupiah Melayang

Kompas.com - 11/10/2012, 22:13 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun sudah sering terjadi, penipuan dengan modus undian berhadiah masih juga memakan korban. Kali ini seorang perempuan berinisial AM menjadi korban dengan nilai kerugian sebesar Rp 24 juta.

"Awalnya pada Rabu (11/10/2012) kemarin, korban AM mendapat telepon dari orang tidak dikenal yang menginformasikan bahwa nomor telepon korban memenangkan sebuah undian berhadiah dari PT Telkomsel Indonesia berupa 1 unit laptop merek acer dan uang tunai Rp 20 juta," kata Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Aswin, Kamis (11/10/2012).

Dalam percakapan itu, AM juga diminta mendatangi gerai anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat untuk memastikan hadiah uang telah ditransfer ke rekening pribadinya. Tanpa menaruh curiga, AM kemudian mendatangi ATM Center Bank BCA di Senayan City, Jaksel. Sesampainya di depan mesin ATM, korban kembali ditelepon pelaku yang memberikan panduan. Saat itulah, korban tanpa sadar mentransfer uang ke nomor rekening tertentu.

"Karena mengikuti arahan pelaku di ATM, korban tak sadar kalau yang dilakukan adalah mentransfer uang ke rekening Bank BCA No. 1742075243 atas nama Aris Yulianto," kata Aswin.

Sepulang dari gerai ATM, korban baru menyempatkan diri untuk mengecek kebenaran informasi undian berhadiah yang didapatnya. Dari komunikasi lewat telepon dengan pihak Temkomsel, AM mendapat kepastian bahwa operator telekomunikasi itu tidak menggelar undian berhadiah dimaksud. Saat itulah AM baru menyadari bahwa ia telah menjadi korban penipuan. Ia pun kemudian melaporkan kasus ini ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com