Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Berencana Relokasi Pasar Rumput

Kompas.com - 21/10/2012, 16:13 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah provinsi DKI Jakarta berencana melakukan relokasi Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan untuk membuat rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di daerah tersebut. Keberadaan Rusunawa dinilai bisa mengurangi pencemaran Kali Ciliwung yang berada di sekitar pasar.

"Yang paling memungkinkan untuk di relokasi adalah Pasar Rumput. Nanti disana bisa kita bangun rumah susun. Rancangan ini disukai pak gubernur karena desain dan tekniknya yang masuk akal," kata Basuki Tjahaja Purnama, Wakil gubernur DKI Jakarta di Petak sembilan, Tambora, Jakarta Barat Minggu (21/10/2012).

Basuki menambahkan, perencanaan untuk mendirikan rusunawa ini merupakan perpanjangan dari rencana Kementerian Perumahan Rakyat. Pemerintah provinsi hanya meneruskan dengan cara mencari lokasi yang cocok untuk membangun rusun tersebut. "Pembangunan rusun tersebut menggunakan APBN, pemprov hanya mencari lokasi," kata Basuki.

Selain itu, ungkap Basuki, relokasi pasar rumput bisa melestarikan keberadaan Kali Ciliwung. Ia beranggapan kondisi Kali Ciliwung yang semakin memprihatinkan berasal dari sampah-sampah di sekitarnya. Rusunawa yang menggantikan pasar diharapkan akan mengurangi pencemaran kali.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Perumahan Rakyat berencana membangun 176 unit rumah susun sederhana sewa (rusunawa) sepanjang tahun ini. Program tersebut dilakukan untuk memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki rumah tinggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com