Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Berharap Mutu Layanan Meningkat

Kompas.com - 01/11/2012, 18:39 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Kepulauan Seribu berharap mutu layanan kesehatan meningkat melalui peluncuran kartu sehat. Selama ini sebagian dari sekitar 22.000 warga yang tersebar di sebelas pulau belum seluruhnya menikmati pelayanan sebagaimana dinikmati warga DKI Jakarta.

Feri Abdullah (39), warga Pulau Pramuka, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kamis (1/11/2012), mengatakan, tak semua warga miskin menikmati layanan gratis karena belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Keluarga Miskin (JPK Gakin). Mereka harus mengurus keterangan surat keterangan tak mampu dan syarat lain.

"Kartu sehat diharapkan menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan kualitas pelayanan yang lebih baik. Selama ini ada yang seharusnya dapat (fasilitas gratis), tetapi belum bisa mengaksesnya," kata Feri.

Bupati Kepulauan Seribu Achmad Ludfi mengatakan, delapan puskesmas yang tersebar di delapan pulau relatif mudah dijangkau warga. Jumlahnya cukup meski untuk beberapa jenis penyakit warga harus dirujuk ke rumah sakit di Jakarta Utara. Namun, melalui peluncuran kartu sehat, pihaknya berharap kualitas pelayanan kesehatan lebih baik.

Menurut rencana, kartu sehat bagi warga Kepulaun Seribu tahap pertama akan dibagikan pada 10 November 2012 bersamaan dengan perayaan hari jadi kabupaten tersebut. "Kami belum tahu pasti berapa jumlah kartu yang akan dibagikan pada tahap awal ini, tetapi warga berterima kasih atas program tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com