Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyaris Padam, Kebakaran Ruko Sawah Besar Membesar Lagi

Kompas.com - 14/11/2012, 16:32 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran menimpa beberapa rumah toko (ruko) di dekat stasiun Sawah Besar, Jakarta Pusat, yang sudah hampir jinak. Namun tanpa diduga, api malah merembet ke material mudah terbakar yang mengakibatkan api kembali membesar.

"Jadi api merembet di dalam itu pada drum-drum yang banyak oli-oli, gudang yang ada bahan bakar solar untuk mobil, dan spare part mobil-mobil dan barang elektronik," kata Madani, Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat kepada Kompas.com, Rabu (14/11/2012) siang.

Menurutnya, banyak komponen elektronik dan juga mesin-mesin, serta bengkel ban pada lokasi kejadian. Hal ini yang menyebabkan api lama untuk dipadamkan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB lebih dan sampai pukul 13.30 WIB masih dilakukan upaya pendinginan.

Menurut Madani, bahkan sempat terjadi ledakan di lokasi kebakaran. Sehingga pihaknya melakukan upaya khusus untuk memadamkan api.

"Oleh karenanya, kita mendatangkan mobil khusus. Mobil ini memuat 'kipol' (sejenis bahan) untuk menetralisirkan oli dan minyak. Tadi sempat timbul ledakan, karena banyak oli-oli," ujar Madani.

Selain itu, upaya pemadaman juga sempat terkendala akibat pintu-pintu tralis besi pada ruko yang terkunci kuat. Sehingga petugas pemadam terpaksa menjebol tralis-tralis itu.

"Ini roling door-nya berlapis-lapis kita jebol pakai alat kita. Pintu pengaman tokonya keras, sampe 15 menit untuk membobolnya," jelas Madani.

Untuk mencegah api timbul kembali, pihaknya menerjunkan petugas dengan alat bantu oksigen ke dalam ruko dan mencari titik-titik api untuk kemudian dipadamkan. Petugas kebakaran juga mengevakuasi material bahan bakar yang mudah terbakar dan dibawa keluar ruko.

"Ada petugas pakai tabung oksigen untuk menembus ruang asap untuk menemukan titik api. Sekarang sudah berhasil diamankan dan dijinakkan titik-titik apinya. Sedang pendinginan saja di lokasi dan kita keluarkan drum-drum oli dari dalam. Dari total 47 unit mobil (DPK) yang dikerahkan ada sekitar 250 petugas kita yang turun," ujar Madani.

Seperti diberitakan sebelumnya, 6 ruko pada kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat, terbakar. Api membesar dan sulit dipadamkan akibat terdapatnya bahan bakar dan material mudah terbakar lainnya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materil ditaksir cukup tinggi.

Berita terkait dapat diikuti di topik:

KEBAKARAN DI JAKARTA

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com