Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Stok Daging, Jokowi Janji Tinjau RPH

Kompas.com - 19/11/2012, 15:27 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan segera meninjau ketersediaan daging sapi di rumah pemotongan hewan (RPH) di Jakarta. Seperti diberitakan sebelumnya, akhir-akhir ini, pedagang daging sapi mogok berjualan karena harga daging sapi yang menembus Rp 100.000 di pasaran.

"Setelah ini mau ke Cakung, ada pertemuan di Pondok Pesantren. Habis itu, akan saya cek lapangan ke rumah pemotongan hewan," kata Jokowi, di Balaikota DKI, Jakarta, Senin, (19/11/2012).

Pihak dari Dinas Kelautan dan Peternakan DKI Jakarta mengatakan akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah pemasok untuk memastikan pasokan daging di Jakarta aman.

Kepala Dinas Kelautan dan Peternakan DKI Jakarta Ipih Ruyani mengatakan, mogoknya para pedagang disebabkan belum adanya kesepakatan harga daging. "Harganya belum sepakat, kalau untuk pasokan, sampai saat ini masih aman," kata Ipih.

Saat ini, di RPH Dharma Jaya, kata Ipih, ada sebanyak 800 ekor sapi hidup. Pihaknya sudah mengecek, di RPH, stok sapi hidup cukup banyak, sampai 800 ekor. Namun, sejak Jumat kemarin, memang tidak ada pedagang yang membeli," ujarnya.

Agar pasokan daging juga tetap lancar, kata Ipih, Dinas Kelautan dan Peternakan DKI Jakarta juga akan mendatangkan daging dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Jadi, tidak hanya mengandalkan dari Jawa Timur yang selama ini menjadi pemasok sehingga diharapkan harga daging di Jakarta ini bisa stabil. Dinas Kelautan dan Peternakan DKI juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam pembuatan kebijakan.

"Koordinasi dengan pemerintah pusat akan terus kami lakukan. Pembatasan impor daging ini memang dilakukan untuk swasembada pangan di Indonesia. Keputusan tetap berada di pusat," katanya.

Berdasarkan pantauan, hingga siang ini, setelah mengunjungi Pondok Pesantren Al Wathoniyah Asshodriyah 9, Cakung, Jakarta Timur, Jokowi masih melanjutkan perjalanannya. Kedatangan Jokowi ke pondok pesantren itu atas undangan dari pihak pesantren yang sedang mengadakan acara peringatan Maulid Nabi, 1 Muharram. Jokowi kemudian langsung kembali ke Balaikota DKI untuk selanjutnya bertemu dengan Wakil Presiden Boediono, di Istana Wapres, Jalan Merdeka Selatan, dalam rangka Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2012. Masih belum diketahui kapan ia akan meninjau RPH.

Baca juga :

Daging Sapi, Pemerintah Jangan Mau Diatur Importir

Harga Daging Sapi Rp 100.000 Per Kilogram

Berita terkait dapat diiukuti di topik :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com