Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Macet karena Warga Saling Terobos

Kompas.com - 20/11/2012, 10:22 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan yang mengguyur hampir seluruh wilayah di Jakarta semalam melahirkan kemacetan lalu lintas yang sulit diurai. Menanggapi itu, Gubernur Joko Widodo menilai kemacetan terjadi karena minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas.

"Hujannya deras, pengguna jalan saling terobos. Harusnya masyarakat punya kesadaran untuk tertib," kata Jokowi di gedung Balaikota Jakarta, Selasa (20/11/2012).

Jokowi mengungkapkan, macet total akan terus terjadi selama kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas tak kunjung meningkat. Pun dengan parahnya macet yang terjadi semalam, menurutnya hal itu terjadi karena para pengguna jalan tak memiliki kesabaran dan saling terobos.

"Kalau semuanya saling menerobos seperti pas hujan semalam, ya, jadinya macet total," ungkapnya.

Imbas dari derasnya hujan yang mengguyur Jakarta pada Senin malam memang melahirkan kepadatan lalu lintas di sejumlah titik jalan. Di antaranya adalah di sekitar Sarinah, Kuningan, Cikini, Kebon Sirih, dan Tugu Tani.

Padatnya volume kendaraan memicu sejumlah pengemudi nakal untuk saling terobos. Alhasil, kemacetan total tak dapat terhindarkan, khususnya di sejumlah titik tersebut.

Berita terkait dapat diikuti di topik:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com