Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Material Uruk Longsor Rel Cilebut Bakal Sulit

Kompas.com - 22/11/2012, 15:48 WIB
Antony Lee

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Material tanah dan batu yang diperlukan untuk menguruk longsor di jalur kereta api Cilebut-Bojong Gede di Kabupaten Bogor diperkirakan mencapai 35.000 meter kubik.

Namun, mengirim material dalam jumlah besar itu bukan pekerjaan karena infrastruktur jalan menuju lokasi yang sangat sempit.

Menurut Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Sugeng Priyono, Kamis (22/11) sore, material itu bakal dikirim selama bertahap selama 30 hari. Dia mengaku pihaknya hanya akan menggunakan truk berkapasitas 15 meter kubik karena khawatir bisa merusak jalan bisa melebihi kelas jalan.

Dalam kondisi jalan yang hanya berlebar sekitar enam meter, lalu lintas sudah sangat karena lonjakan kendaraan yang digunakan penumpang dari dan menuju Bojong Gede, baik ke arah Cilebut maupun Kota Bogor.

"Memang yang penting akses masuk itu. Material dikerjakan keroyokan antara Kementerian Perhubungan, PT Kereta Api Indonesia, dan jika diperlukan melibatkan PT Wijaya Karya untuk memasang talut atau bronjong," katanya. Dia juga mengaku meminta bantuan polisi untuk mengatur arus lalu lintas di jalur Bojong Gede-Cilebut-Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com