Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Warga Kampung Pulo Tunggu Jokowi

Kompas.com - 24/11/2012, 19:02 WIB
Noory Okthariza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir di Kampung Pulo, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan makin mengkhawatirkan karena tanggul di gorong-gorong dekat jembatan di RT 14 RW 03 jebol, Sabtu (24/11/2012) sore. Akibatnya, aliran air dari Kali Krukut yang masuk ke Kampung Pulo semakin banyak.

Air setinggi pinggang orang dewasa masih menggenang di Kampung Pulo. Puluhan warga mengungsi ke Mushola di RT 11 RW 3. Barang-barang berharga juga sudah dinaikkan ke lantai 2 bagi warga yang memiliki rumah bertingkat.

Pantauan di lokasi, air kali tinggal berjarak sejengkal dari ketinggian tanggul 1,5 meter. Jika melampaui tanggul, air dalam jumlah besar akan langsung turun ke rumah warga. Warga berharap hujan segera berhenti supaya debit air yang mengalir di Kali Krukut kembali normal.

"Saya khawatir kalau tanggul ini jebol, Mas. Ini kan sudah tua (tanggulnya). Bisa jadi tsunami kecil kalau sampai jebol," kata Sugiono, Ketua RT 11 Kampung Pulo kepada Kompas.com, Sabtu (24/11/2012) sore.

Warga kecewa dengan Kelurahan Pondok Labu yang kantornya berjarak kurang dari 1 KM dari lokasi banjir. Namun, sampai sore ini tidak ada tanggapan dari Kelurahan kepada warga. "Kita menunggu Pak Jokowi aja, Mas. Siapa tahu kalo Gubernur yang kesini cepat ada perubahan," harap Sugiono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com