Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro: Selama Operasi Zebra, Kasus Kecelakaan Menurun

Kompas.com - 13/12/2012, 00:44 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasi Zebra Jaya 2012 yang digelar Polda Metro Jaya sejak 28 November 2012 telah selesai pada Rabu (11/12/2012) kemarin. Operasi ini memperlihatkan bahwa jumlah kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sebanyak 25 persen.

"Penurunan ini dilihat jika dibandingkan dengan 14 hari sebelum pelaksanaan operasi," kata Kepala Bagian Pembinaan Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Budiyanto, Rabu (12/12/2012).

Ia mengatakan, sebelum pelaksanaan operasi tersebut, terdapat kurang lebih 261 kasus kecelakaan selama dua pekan. Pada saat Operasi Zebra, jumlah tersebut turun menjadi 197 kasus. "Waktu kejadian kecelakaan yang paling sering terjadi antara pukul 03.00 WIB sampai 09.00 WIB atau pada saat jam-jam sibuk berangkat kantor," kata Budiyanto.

Wilayah yang paling sering terjadi kecelakaan adalah Jakarta Utara dengan 44 kasus kecelakaan. Di Jakarta Barat, terjadi 26 kasus kecelakaan, Jakarta Timur 24 kasus, dan Depok 20 kasus kecelakaan. Budiyanto mengatakan, kecelakaan lalu lintas kerap terjadi karena pengendara melawan arus, menerobos jalur busway, dan melanggar rambu-rambu lalu lintas.

"Setelah operasi ini, diharapkan ada beberapa perubahan, seperti pengembalian fungsi trotoar dan tidak ada lagi yang parkir di jalan (on the street parking)," kata Budiyanto.

Budiyanto mengatakan, pelaksanaan operasi tersebut belum membawa perubahan signifikan. Namun, polisi tetap berupaya menggelar kegiatan rutin untuk menumbuhkan agar perilaku tertib berlalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com