Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Sekuat Apa Hosni Mubarak Tanpa Rakyatnya?

Kompas.com - 19/12/2012, 17:59 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali memberi pengarahan kepada kepala camat dan lurah di Jakarta. Setelah pada Senin (17/12/2012) lalu mengunjungi Jakarta Barat, kali ini sasarannya adalah wilayah Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan ini, Jokowi mengingatkan pentingnya para pemipin wilayah untuk turun langsung menyapa masyarakat dan menyentuh masalah. Demi membangun komunikasi horizontal, dan membentuk persepsi hangat dengan semua warga.

"Zaman sudah berubah, sekuat apa Hosni Mubarak? Sekuat apa Moammar Khadafi? Semua tumbang karena enggak melihat perubahan zaman. Semua sudah berubah, pola eksklusif jadi inklusif," kata Jokowi mengawali arahannya di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2012).

Dalam acara yang dihadiri Wali Kota Jakarta Pusat Saefulloh dan Kepala Camat serta Kepala Lurah se-Jakarta Pusat itu Jokowi berkali-kali mengingatkan para pemimpin wilayah untuk sering terjun ke lapangan.

Menurutnya, rencana menyelesaikan persoalan menjadi lebih berat ketika para camat dan lurah tak memiliki dukungan dari warganya. Karena berdasarkan pengalamannya, sebagus apapun kerja seorang pemimpin tak akan mendapat dukungan dari para warganya kalau tak berhasil membuat citra yang baik.

Hal itu menjadi semakin parah kalau seorang tak memiliki citra baik dan kinerja yang buruk. Masalah di lapangan dianggap mantan Wali Kota Solo ini akan selesai 60 persen ketika pemimpin wilayah segera memberi respon cepat pada saat masalah itu muncul. Sehingga untuk penuntasannya menjadi lebih mudah dan cepat.

"Turunlah ke bawah, jumpai rakyat, inilah komunikasi horizontal sehingga persepsi yang ada bapak ibu semua dekat dengan mereka (warga). Saat ini persepsi itu menentukan, tanpa dukungan rakyat, kerja siang malam tak ada artinya," ujar Jokowi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com