Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru, Pemda DKI Siagakan Toilet "Mobile"

Kompas.com - 26/12/2012, 20:36 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Perayaan "Car Free Night" diperkirakan akan menyedot perhatian hampir sebagian besar warga Ibu Kota. Dinas Kebersihan DKI Jakarta pun telah menyiapkan 22 truk sampah dan juga enam unit toilet mobile atau toilet berjalan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman.

Selain menyiapkan truk sampah dan toilet mobile, Dinas Kebersihan DKI juga akan menyiagakan sebanyak 330 petugas kebersihan dan ditambah dengan 20 orang pengawas dan empat street sweeper.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengatakan, penyediaan fasilitas tersebut tidak hanya akan diterapkan pada pelaksanaan "Car Free Night" saja, tetapi juga ke seluruh 16 titik hiburan yang akan mengadakan acara pada malam pergantian tahun baru.

"Itu paling tidak kita antisipasi di daerah yang ramai tapi aman. Ada lah di tempat hiburan, tidak keseluruhan lah," kata Unu Nurdin, di Balaikota Jakarta, Rabu (26/12/2012). Unu mengatakan, untuk petugas Dinas Kebersihan yang disiagakan di Monas sebanyak 100 orang.

Hal tersebut dilakukan karena biasanya pada malam pergantian tahun, jumlah masyarakat yang menikmati hiburan di beberapa titik lokasi hiburan di Jakarta menjadi sangat padat. "Kalau masyarakatnya banyak kita tidak bisa mengendalikan, yang penting menurut saya ada toilet 'mobile' ini, karena bermanfaat, efektif dan efisien, sehingga masyarakat tidak merusak lokasi taman-taman yang ada untuk keperluan tertentu," ujar Unu.

Namun dari pengalamannya mengurusi perayaan Malam Tahun Baru, yang paling sulit untuk ditertibkan adalah pedagang kaki lima (PKL) yang suka tidur sembarangan di tempat-tempat hiburan.

"Kalau dia tidur sampai jam 8 pagi yang disalahin Dinas Kebersihan karena lelet. Diabrek-abrek salah lagi. PKL sih memang urusan Kamtib tapi kan hubungan konteksnya sama Dinas Kebersihan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com