Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadis PU: Tak Ada Sisa Anggaran Rp 60 M

Kompas.com - 30/12/2012, 10:21 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sempat mempertanyakan sisa anggaran Rp 60 miliar kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Ery Basworo. Namun Ery menampik adanya sisa anggaran tersebut.

Menurut Ery, seluruh anggaran telah disalurkan ke dinas dan suku dinas PU. Dari semuanya, ada satu pos anggaran bernama anggaran sewaktu-waktu yang disiapkan untuk menopang kebutuhan mendadak yang belum terprogram sebelumnya.

"Jadi enggak ada sisa anggaran, kan semuanya udah diposkan. Ada anggaran sewaktu-waktu misalnya untuk menanggulangi saluran yang mampet," kata Ery kepada Kompas.com, Minggu (30/12/2012).

Ia memberikan contoh, anggaran sewaktu-waktu digunakan untuk menanggulangi tanggul yang jebol di Jakarta Utara, dan Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. Yang teranyar, pos anggaran itu juga dikucurkan untuk membersihkan saluran air di sekitar kampus Trisakti, Jalan S Parman, Jakarta Barat, yang kerap tergenang air saat hujan mengguyur Jakarta.

"Jadi bukannya sisa karena sudah ada posnya. Nanti kalau sisa kan kita laporkan juga," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempertanyakan sisa anggaran puluhan miliar di Dinas PU Jakarta. Pasalnya, dana tersebut akan digunakan untuk biaya pengerukan kali sebagai upaya menanggulangi banjir.

Basuki menjelaskan, berdasarkan data yang dipegangnya, Dinas PU memiliki dana tak terduga dalam APBD 2012 sebesar Rp 139 miliar yang kemudian mengalir ke seluruh suku dinas. Tak hanya itu, dalam APBD Perubahan Dinas PU kembali mendapat tambahan dana segar sebesar Rp 30 miliar.

Dari hasil perhitungannya, saat ini Dinas PU memiliki sisa anggaran lebih dari Rp 60 miliar. Itulah mengapa Basuki mempertanyakan laporan keuangan dari Kepala Dinas PU Ery Basworo yang langsung datang menghadap pada Kamis (13/12/2012) yang lalu.

Menurut Basuki, sisa anggaran itu seharusnya dapat digunakan untuk menghadapi banjir. Sejalan dengan memperkecil silpa anggaran DKI 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com