Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bagikan Parcel ke Petugas Pintu Air Manggarai

Kompas.com - 01/01/2013, 11:33 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah meninjau Bendung Katulampa Bogor, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memantau keadaan ketinggian air di Pintu Air Manggarai Jakarta Selatan. Di sana, dia tak menemukan penjaga pintu air tersebut. Tinjauan Jokowi didampingi oleh Kepala Dinas Kebersihan DKI Unu Nurdin.

"Mana ini kepala penjaga pintu airnya?" tanya Jokowi di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Senin (31/12/2012). "Tadi pagi di sini ada yang jaga Pak Fahri. Tapi, barusan balik kanan," kata Unu.

Kemudian Jokowi kembali bertanya kepada Unu. "Kalau penjaga begini berada di bawah Dinas Pekerjaan Umum (PU) ya?" tanya Jokowi. Unu kembali menjawab pertanyaan Jokowi. "Iya, pak," kata Unu.

Mendengar jawaban Unu, Jokowi pun hanya menggumam dan mengangguk-angguk tanda baru mengerti. "Ooohhh.. Ya ya ya."

Reaksi Jokowi terhadap Dinas PU itu mengingatkan saat sebelumnya Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Lurah dan Camat Jakarta Selatan, sempat terucap kalau banjir kembali menerjang jalan protokol Ibu Kota, Jokowi ancam copot jabatan Kepala Dinas PU. Tinjauan Jokowi ke Pintu Air Manggarai hanya sekitar sepuluh menit. Jokowi pun terkejut masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan yang dapat menghambat saluran Pintu Air Manggarai.

"Ya bagaimana, kami sudah bolak balik sampaikan, sudah juga dikeruk terus sampahnya, tapi kalau kenyataannya masyarakat masih begitu. Coba lihat itu, sampahnya sterofoam yang banyak, ada kasur, sofa, tempat tidur, semua dibuang di sungai," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, dalam mengkampanyekan jangan membuang sampah sembarangan, merupakan tugas Kepala Dinas Kebersihan DKI. "Ini nanti tugasnya Pak Kadis Kebersihan untuk kampanye mensosialisasikan untuk tidak buang sampah di kali, sungai, selokan, dan drainase," kata Jokowi.

Setelah itu Jokowi tampak membagikan sebanyak tiga buah parcel kepada penjaga pintu air Manggarai. Hal serupa dilakukannya saat berada di Bendung Katulampa Bogor. Namun saat berada di Pintu Air Manggarai, Jokowi tak memberikan komentar sedikitpun terkait pemberian parcel kepada penjaga pintu air.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com