Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Banjir Tol Tangerang-Merak Masih Dicari

Kompas.com - 10/01/2013, 13:04 WIB

SERANG, KOMPAS.com — Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ahmad Ghani Gazali mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih mencari solusi untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di tol Tangerang-Merak.

"Tidak mudah karena menyangkut soal lingkungan," kata Ahmad Ghani saat dihubungi, Kamis, terkait putusnya tol Tangerang-Merak untuk kali kesekian di Kilometer 57-59 akibat meluapnya Sungai Ciujung di Kabupaten Serang, Banten.

Ahmad Ghani mengatakan, Kilometer 57-59 sebenarnya sudah pernah ditinggikan setelah banjir pada 2012, tetapi ternyata volume air yang masuk kali ini lebih besar.

"Ini bisa dilihat kalau tahun lalu ketinggian air yang menggenangi jalan tol hanya 24 sentimeter, maka kali ini sudah mencapai 1,5 meter," ujar Ahmad Ghani.

Dia mengatakan, bisa saja ruas yang tergenang banjir itu ditinggikan menggunakan pancang seperti di Tol Cengkareng. Namun harus dikaji, berapa meter jalan tol itu harus ditinggikan lagi.

"Kondisi lingkungan harus dilihat, serta berapa titik yang harus ditinggikan," ujar dia.

Ahmad Ghani mengatakan, sementara ini kendaraan dialihkan melalui jalan arteri agar arus lalu lintas tidak terputus. Pengalihan arus bekerja sama dengan Dinas Perhubungan.

Menurutnya, hal ini penting mengingat tol Tangerang-Merak merupakan nadi perekonomian penting yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Jawa.

Ahmad Ghani mengatakan, dalam upaya mencari solusi mengatasi banjir di tol Tangerang-Merak, pihaknya akan berkoordinasi dengan Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum (Ditjen SDA Kementerian PU).

"Koordinasi kita terkait dengan perbaikan lingkungan di hulu Sungai Ciujung," ujar dia.

Tujuannya agar kita tidak kejar-kejaran dengan banjir seperti di Tol BSD, yang juga sudah ditinggikan satu meter, ternyata air dari saluran sudah meluap sampai tepi jalan.

Ditanya soal kapan koordinasi dengan Ditjen SDA Kementerian PU akan dilaksanakan, Ahmad Ghani hanya menjawab singkat, "Secepatnya."

Berita terkait, baca:

BANJIR DI TOL JAKARTA-MERAK

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com