Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Geruduk Polda Metro, Akses Jalan ke Blok M Ditutup

Kompas.com - 16/01/2013, 12:54 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 1.000 buruh anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan demonstrasi di pintu barat Mapolda Metro Jaya, Rabu (16/1/2013). Dalam aksinya, mereka menuntut ketegasan kepolisian untuk menindak tegas premanisme di kawasan industri.

"Sangat-sangat memalukan kalau tindakan premanisme dibiarkan. Orang bawa pedang tidak ditangkap, sementara buruh cuma melindungi diri dengan ranting-ranting," kata seorang orator aksi demo dengan menggunakan pengeras suara.

Ia juga menyuarakan kekesalannya pada sikap polisi yang dianggap pilih kasih dalam menyikapi laporan yang masuk ke kepolisian oleh buruh. "Kalau pengusaha yang memasukkan laporan, cepat sekali diproses, langsung di-BAP (berita acara pemeriksaan). Kalau buruh yang melapor malah ntar-sok, ntar-sok," kata si orator di hadapan para petugas polisi yang berjaga dari dalam Mapolda Metro Jaya.

Pantauan Kompas.com, akibat aksi demo itu akses jalan menuju Blok M tertutup kecuali jalur transjakarta yang tetap beroperasi. Akibatnya sejumlah bus kota dan kendaraan pribadi terpaksa menggunakan jalur transjakarta. Arah sebaliknya ke arah Semanggi juga terpantau padat merayap.

Berita terkait, baca :

DEMO BURUH

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com