Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APBD DKI Bertambah, DPRD Tambah Waktu Pembahasan

Kompas.com - 16/01/2013, 13:14 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Waktu pengesahan APBD DKI 2013 diperkirakan akan kembali molor. Hal itu terjadi karena bertambahnya waktu pembahasan antara eksekutif dan legislatif menyusul adanya rencana penambahan program dengan anggaran mencapai Rp 3,1 triliun.

Anggota Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta, Selamat Nurdin, mengatakan, perlu dilakukan penegasan terkait dengan penambahan program yang diusulkan Gubernur DKI Joko Widodo tersebut. Dengan angka yang relatif besar, DPRD harus memastikan alasan kuat di balik rencana penambahan tersebut.

"Usulan itu sedikit banyak akan menambah waktu pembahasan. Senang atau enggak senang, itu kan butuh dicek lagi. Kenapa harus ada seperti ini, kenapa begini, kan harus ada alasan-alasannya," kata Selamat di Gedung DPRD DKI, Rabu (16/1/2013).

Ketua Komisi B DPRD DKI itu menambahkan, dia telah melihat rincian dari penambahan tersebut. Menurut dia, dalam rincian itu tak ada penambahan program, tetapi banyak penambahan kegiatan yang akan dilakukan DKI pada 2013. "Mungkin ya programnya enggak bertambah, tapi kegiatannya pasti bertambah, itu pasti. Dokumennya juga telat diserahkan ke kita," ujarnya.

Rancangan APBD DKI 2013 semula adalah Rp 46,8 triliun, kemudian berubah menjadi Rp 49,9 triliun sesuai dengan usulan Jokowi. Putusan Badan Musyawarah DPRD dan Pemerintah Provinsi DKI menyatakan APBD DKI 2013 akan disahkan pada 28 Januari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com