Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB: Tanggul Villa Indah Jebol, Jatiasih Kebanjiran

Kompas.com - 18/01/2013, 13:32 WIB
Aditya Revianur

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana merilis berita tanggul di kompleks perumahan Villa Nusa Indah, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, jebol. Tanggul jebol karena hujan lebat mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Jumat (18/1/2013) dini hari.

"Tanggul Villa Indah jebol sehingga wilayah Jatiasih kebanjiran," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat.

Sutopo menjelaskan, berdasarkan informasi yang dia dapatkan, ketinggian air mencapai 4 meter. Namun, informasi mengenai ketinggian air tersebut akan kembali dia klarifikasi. Hal yang pasti, dia melanjutkan, volume air karena jebolnya tanggul Villa Indah akan terus bertambah.

"Informasi yang saya dapat, aliran air sudah masuk ke pemukiman warga di Jatiasih. Pengungsi banjir saya belum tahu karena kejadiannya pagi tadi. Tanggul yang jebol itu akan segera diperbaiki," ujarnya.

Sementara itu, Sutopo menambahkan, tanggul Latuharhary belum teratasi. Namun, BNPB bersama pihak terkait masih berusaha memperbaiki tanggul tersebut. Tanggul Latuharhary, tuturnya, akan terus diperbaiki mengingat sore nanti air kiriman dari Depok akan mencapai Jakarta.

"Diatasi dengan seadanya dulu untuk mencegah aliran air soalnya alat berat tidak dapat mencapai sana. Yang jelas, kalau sudah bisa diatasi, diharapkan tidak jebol lagi. Memperbaiki tanggul Latuharhary kembali seperti sedia kala memang membutuhkan waktu lama," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com