Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Pluit Kekurangan Air Bersih dan Kesulitan MCK

Kompas.com - 20/01/2013, 16:13 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang melanda sejumlah wilayah Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, menyebabkan aktivitas warga lumpuh dan terganggu. Sejumlah warga mengeluh sulit memperoleh air bersih dan buang air besar (BAB).

Asih (35), warga Jalan Pluit Dalam RT 09 RW 08, Kelurahan Pluit, mengaku kesulitan memperoleh air bersih dan mendapatkan fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK). Ia tak dapat memanfaatkan kamar mandi di rumahnya karena terendam banjir setinggi 1 meter di depan rumah dan 30 cm di dalam rumah.

"Kita sulit air bersih, sdah dari hari Rabu enggak ada air bersih. Enggak ada WC umum. Tutup semua kelelep," kata Asih kepada Kompas.com, Minggu (20/1/2013).

Akibat kesulitan mendapat tempat untuk MCK, Asih terpaksa menggunakan kamar mandi di tempat yang tinggi atau Rumah Susun Blok Kenanga yang aman dari banjir.

Sementara itu, Tejo (42), warga RT 17 RW 08 Pluit Dalam, mengatakan, bantuan yang ada belum merata sehingga ia bersama warga setempat kesulitan mendapatkan makanan dan air bersih. "Otomatis makanan dan sembako yang dibutuhkan. Air bersih juga dari Kamis pagi kita susah. Bantuan hanya untuk sekelompok saja, kurang merata. Kita juga minta tolong buat balita juga," ujar Tejo.

Dalam pantauan Kompas.com di wilayah tersebut, warga masih memilih bertahan di rumahnya masing-masing untuk menjaga barang-barang milik mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com