Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopaja Mulai Masuk Jalur Transjakarta

Kompas.com - 22/01/2013, 14:10 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain berhasil meluncurkan penerapan sistem e-ticketing untuk pembayaran bus transjakarta, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga melakukan revitalisasi transjakarta dan melakukan integrasi kopaja AC S13 (Ragunan-Grogol) dan P20 (Lebak Bulus-Senen) di jalur transjakarta.

"Selain sistem e-ticketing yang dapat mengurangi antrean, juga ada revitalisasi armada di Koridor I, penggantian operator Koridor I dari JET ke Damri, dan integrasi kopaja AC ke jalur busway transjakarta," kata Jokowi seusai meluncurkan e-ticketing transjakarta di Silang Monas, Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Integrasi kopaja AC akan dilakukan untuk kopaja P20 (Lebak Bulus-Senen) dan kopaja S13 (Ragunan-Grogol) yang terintegrasi dengan Koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas) dan Koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni). Dalam pelaksanaan integrasi kopaja AC ke jalur transjakarta, saat ini sarana angkutan tersebut telah memiliki kesiapan mengikuti sistem yang berlaku di transjakarta, antara lain bus memiliki dek tinggi dan pintu sebelah kanan.

Dengan berlakunya integrasi ini, penumpang transjakarta cukup membeli tiket seharga Rp 5.000. Tarif tiket ini berlaku untuk kopaja AC dan transjakarta. Jika membeli tiket di halte bus tranjakarta, dikenakan Rp 8.500. Rinciannya, Rp 3.500 untuk transjakarta dan Rp 5.000 untuk kopaja AC.

Sementara itu, untuk penambahan bus transjakarta, hari ini, Pemprov DKI telah menambah sebanyak 66 bus gandeng untuk Koridor I. Pemprov DKI juga menyediakan  36 bus di Koridor XII (Pluit-Tanjung Priok) yang belum dapat dipergunakan karena koridor tersebut belum diresmikan akibat belum dapat dilewati setelah tergenang air banjir.

"Selain itu, hari ini juga merevitalisasi sebanyak 40 kopaja AC. Ke depannyak nanti kita tambah 40 lagi," ujar Jokowi.

Tahun ini Pemprov DKI merencanakan penambahan 450 bus transjakarta dengan rincian 150 bus gandeng dan 300 bus single. Selain transjakarta, tahun ini juga akan ada penambahan sebanyak 1.000 kopaja dan metromini. Ia juga membantah peluncuran segala macam program transportasi itu berkaitan dengan 100 hari kerja Jokowi-Basuki yang jatuh pada hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com