Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Rusun Marunda Selesai Pertengahan 2013

Kompas.com - 04/02/2013, 17:40 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus menggenjot perbaikan Rumah Susun Marunda, Jakarta Utara. Hal itu dilakukan untuk mengakomodasi besarnya animo warga calon penghuni rusun tersebut. Dijumpai di Balaikota Jakarta, Gubernur Joko Widodo memasang target seluruh unit di rusun tersebut siap digunakan pertengahan 2013.

Ia membeberkan, dana yang dikucurkan untuk menopang keperluan itu sekitar Rp 15 miliar. "Target cepat-cepatan, tengah tahun yang di Marunda rampung," kata Jokowi, Senin (4/2/2013).

Saat ini, kata Jokowi, ribuan unit di Rusun Marunda masih belum layak digunakan. Meski lima blok yang selesai diperbaiki telah penuh terisi, sekitar 14 blok lainnya masih dalam proses dan tak tersedia aliran air serta listrik. Mantan Wali Kota Surakarta ini memastikan pihaknya segera merelokasi warga ke rusun tersebut.

"Kamiperbaiki dulu, baru dipakai. Sudah lima tujuh tahun enggak diperbaiki, ada yang sudah tertutup semak," ujarnya.

Terkait calon penghuni rusun, Pemprov memprioritaskan warga sekitar Waduk Pluit serta warga lain yang terkena dampak banjir. Meski begitu, Pemprov tetap melakukan seleksi, pendaftaran, dan diundi.

Membeludaknya warga yang mendaftar di Rusun Marunda dilandasi murahnya biaya sewa, sekitar 400.000 per bulan. Selain itu, Pemprov juga menambah fasilitas rusun berupa furnitur, kulkas, dan televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com