Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengasuh Pembekap Bayi Jalani Tes Psikologi

Kompas.com - 05/02/2013, 13:52 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyidik Polrestro Jakarta Pusat akan memeriksakan kondisi psikologis IA (21), pengasuh bayi yang menjadi tersangka pembunuhan Rasya Alfino Azmi (5 bulan). Pemeriksaan akan dilakukan pada Selasa (5/2/2013) sore ini.

Tersangka IA akan diperiksa di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak DKI Jakarta, Jalan Raya Bekasi Timur, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, sedianya pemeriksaan terhadap IA akan dilaksanakan Senin (4/2/2013).

"Karena yang bersangkutan kondisinya masih shock, jadi ditunda sampai hari ini," ujar Rikwanto.

Pemeriksaan kepada IA bertujuan mengetahui kondisi kejiwaannya terkait dengan perbuatannya membekap mulut Rasya dengan kain. Hasil pemeriksaannya kemungkinan keluar satu atau dua hari lagi, bergantung pada item tes yang akan dijalaninya.

Menurut Rikwanto, secara kasat mata, IA memang berada dalam kondisi stres. Namun, penyidik meyakini bahwa perbuatannya merancang skenario seolah-olah Rasya dirampok dilakukan dengan kesadaran penuh. Karena itu, penyidik hendak juga menggali kemungkinan adanya motif lain di samping kekesalan IA akibat Rasya yang kala itu tengah rewel.

Rasya ditemukan tewas di rumahnya di Jalan Karet Pasar Baru Barat 1 RT 001 RW 06 Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (31/1/2013) pukul 17.30 WIB. IA mengaku membekap Rasya karena tidak tahan dengan rajukan Rasya.

Setelah membekap Rasya, IA meninggalkan bocah malang tersebut untuk menyetrika. Namun, saat ditengok lagi, Rasya sudah dalam keadaan tak bernyawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com