Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Kampung, Jokowi Mulai Lakukan Pendekatan

Kompas.com - 05/02/2013, 16:59 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mulai melakukan pendekatan kepada warga kampung yang akan ditata. Ia mengungkapkan, pendekatan perlu dilakukan sebelum masuk pada pembicaraan penataan ataupun relokasi warga ke hunian yang lebih tertib dan nyaman.

"Pendekatan ke masyarakat agar kalau ada program mereka sudah pada posisi dekat dengan kita," kata Jokowi di Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2013).

Sebelumnya, Jokowi kembali blusukan ke permukiman padat dan daerah bantaran sungai. Kali ini, mantan Wali Kota Surakarta itu menyasar Manggarai Utara 2, RW 04, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, sebagai target blusukan-nya.

Saat bertemu warga Manggarai, yang bersebelahan langsung dengan Sungai Ciliwung, Jokowi membawa aneka bantuan yang dimuat dalam dua unit truk Satpol PP. Bantuan itu berupa buku tulis, tas sekolah, dan beras kemasan lima kilogram. Semuanya dibagikan langsung oleh Jokowi kepada warga sekitar.

"Tapi, belum bicara ke sana (soal penataan). Paling tidak, ada pendekatan supaya lebih mudah, ini salah satu step sebelum bicara nanti," ujarnya.

Untuk informasi tambahan, wilayah ini dihuni oleh sekitar 43.000 jiwa dari 763 rumah. Seluruhnya akan direlokasi ke rusun yang bekerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat di Pasar Rumput dan sisanya digeser sekitar 50 meter dari bantaran Sungai Ciliwung saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com