Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Punya Mobil, Keluarlah dari Rusun

Kompas.com - 06/02/2013, 18:47 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Peruntukan rusun saat ini dinilai tak sesuai taget, yakni warga terdampak banjir dari permukiman kumuh. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun mengimbau penghuni rumah susun (rusun) yang tergolong mampu secara finansial untuk keluar dari rusun dan berpindah ke hunian lain dengan biaya sendiri.

"Mestinya kalau sudah di situ dan sudah punya mobil, ya keluarlah. Artinya beri kesempatan bagi saudara-saudara kita yang masih belum mampu," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (6/2/2013).

Namun begitu, mantan Wali Kota Surakarta ini tak bisa berbuat lebih selain memberikan imbauan. Dia lebih memilih untuk berpikir positif bahwa pada awalnya semua penghuni rusun memang masuk dalam kategori ekonomi lemah.

Ia berharap, setelah warga direlokasi ke rusun, kehidupannya jauh lebih membaik, secara sosial dan secara ekonomi.

Begitu juga saat ditanya rencana membuat aturan khusus untuk penghuni rusun yang memiliki mobil. Jokowi menyampaikan belum memiliki rencana pasti, kecuali ide untuk kewajiban biaya parkir atau membuat pembatas untuk kendaraan.

"Itu hanya beberapa orang mampu yang enggak malu. Tapi, kalau mau ya enggak apa-apa, asal jangan disewain lagi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com