Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ampuun! Balaikota DKI-Tanah Abang Satu Jam

Kompas.com - 06/02/2013, 21:18 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang sempat mengguyur Ibu Kota mengakibatkan genangan banjir di sejumlah titik ruas jalan. Setelah banjir surut, timbul kemacetan.

Pantauan Kompas.com, mulai dari Balaikota DKI yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan hingga Jalan Jatibaru Tanah Abang yang biasanya dapat ditempuh sekitar sepuluh menit dengan menggunakan kendaraan bermotor, kali ini harus ditempuh hingga sekitar enam puluh menit atau satu jam.

Pada pukul 17.00 sore tadi, di kawasan Budi Kemuliaan, sempat terjadi genangan yang cukup tinggi, sekitar 30-50 centimeter, yang menyebabkan banyak kendaraan bermotor roda dua memutar balik karena takut motornya mogok di tengah banjir.

Sekitar pukul 18.00 WIB, banjir di kawasan itu sudah surut dan hanya tersisa genangan air di beberapa titik. Namun, padatnya mobil dan motor yang berlalu-lalang di jalan itu, yang juga bertepatan dengan waktu pulang jam kantor, menyebabkan kemacetan total.

Kemacetan itu dimulai dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jati Baru, Tanah Abang dan sebaliknya. Lampu lalu lintas pun sama sekali tidak berfungsi. Begitupula dengan petugas lalu lintas, sama sekali tidak yang mengatur keadaan lalu lintas yang sangat ruwet saat itu.

Kendaraan pun berkumpul di pertigaan Budi Kemuliaan arah Harmoni, Jati Baru, dan Thamrin. Akibat, banyak warga yang turun dari mobilnya untuk melihat penyebab kemacetan.

Setelah itu, di perempatan Hotel Milenium, Tanah Abang juga terjadi kemacetan yang sangat padat, mulai dari arah Tanah Abang menuju Thamrin dan arah Budi Kemuliaan menuju Tanah Abang.

Bunyi klakson pun saling bersahutan agar dapat memajukan kendaraan mereka. Kembali, di ruas jalan itu, tak ada satupun petugas yang mengatur keadaan lalu lintas.

Sementara menurut TMC Ditlantas Polda Metro Jaya, kemacetan hingga malam ini terpantau di depan Mal Kuningan City Casablanca, di depan Citraland Grogol, Tol Cawang arah ke Pluit, Tol Cawang arah ke Priok, Permata Hijau arah Pos Pengumben, dan Jalan Kebon Sirih arah Kwitang.

Kemacetan juga terjadi di Tol Tangerang arah ke Tomang, Karet menuju Ambassador, Jalan Marga Satwa arah ke Pondok Labu, Menteng ke arah Epicentrum Kuningan, Bundaran Patung Kuda menuju Bundaran HI ke arah Semanggi, di depan Universitas Tarumanegara, Jalan Lebakbulus III, Harmoni arah ke Tomang, Jalan Fatmawati ke Pondok Labu, di depan Sarinah, Jalan Jenderal Sudirman menuju Semanggi dan Bundaran Senayan, dan Permata Hijau arah ke Pondok Indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com