Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Korban Banjir, PPI Serahkan Rp 140 Juta

Kompas.com - 08/02/2013, 19:16 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski menuntut ilmu di luar negeri, para pelajar yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) tetap peduli dengan para korban banjir di Jakarta. Secara simbolik, mereka menyerahkan bantuan kepada Ketua PMI Indonesia Jusuf Kalla.

Para pelajar yang tersebar di 20 negara ini mengumpulkan dana mulai 21 hingga 31 Januari 2013. Sekitar Rp 140 juta berhasil mereka kumpulkan melalui sumbangan-sumbangan pelajar Indonesia.

"Sekitar 20 orang menyisihkan dana beasiswa mereka untuk disumbangkan kepada korban banjir. Sudah terkumpul sekitar 100 Euro atau sekitar Rp 1.300.000," ujar Denny Syamsuddin, mahasiswa Universidade de Coinbra, Portugal, Jumat (8/2/2013), di kantor pusat PMI Pusat, Jakarta.

Jusuf Kalla yang menerima secara simbolis bantuan tersebut mengatakan, aksi solidaritas ini sangat baik karena walaupun mereka berada di luar negeri, tetapi mereka masih peduli dengan kondisi negara mereka sendiri. Pada kesempatan itu, JK juga menceritakan bagaimana keadaan yang terjadi pada masa tanggap darurat tersebut.

Mantan Wakil Presiden RI ini menyatakan akan menyalurkan dana ini melalui program-program yang telah dibuat. "Dana ini akan disalurkan untuk program-program kita. Kita memang selalu ada program. Ini akan disalurkan ke dalam program-program seperti dapur umum, perlengkapan, makanan, pakaian dan lain-lain," tuturnya kepada Kompas.com.

Sementara Dennis Ardianto, seorang pelajar St Petersburg State Pediatric Medical University, yang merupakan perwakilan PPI Rusia mengatakan, acara penggalangan dana ini dilakukan di KBRI Rusia yang berada di Moskow. Dalam tersebut, di tampilkan pula kesenian-kesenian dari dalam negeri, seperti nyanyi-nyanyian, tari ataupun puisi.

"Tanggal 29 Januari kemarin kita buat acara dengan tema 'Senyum untuk Indonesia'. Acara tersebut yang terlibat orang Indonesia semua. Dari total 120 pelajar yang berada di Rusia, terkumpul sekitar Rp 20 juta," ujarnya.

Serah terima bantuan PPI ini diwakilkan oleh lima orang dari PPI yaitu, Dennis ardianto (PPI Rusia), Denny Syamsuddin (PPI Portugal), Tania Alvina (PPI Australia), Wenny Fitrianingsih (PPI Tiongkok) dan La ode mutakhir bolu (PPI Jerman).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com