Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Harus Ada Alat Pemadam di Permukiman Padat

Kompas.com - 27/02/2013, 16:44 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tingginya angka kebakaran di Ibu Kota membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutar otak untuk pencegahan dan penanganannya. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menginginkan ada alat pemadam kebakaran di setiap permukiman padat penduduk, seperti pawang geni.

"Ya, mobil pemadam kebakaran terkendala macet, kelamaan. Jadi, memang harus ada alat pemadam kebakaran yang ditempatkan di kampung-kampung padat," kata Jokowi seusai meninjau bekas lokasi kebakaran, di RW 12, Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (27/2/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta ini menyampaikan bahwa penempatan alat pemadam kebakaran di permukiman padat akan dikaji lebih lanjut. Ia memberikan contoh disediakannya pawang geni, atau alat pemadam lain yang bisa berpindah tempat dengan mudah.

Pawang geni adalah alat pemadam kebakaran yang pertama kali diperkenalkan saat Jokowi masih memimpin Surakarta. September 2012 lalu, Jokowi meresmikan alat yang memiliki roda sehingga mudah dipindah sesuai kebutuhan.

Perawatan pawang geni pun mudah dan tidak membutuhkan biaya besar. Untuk sekarang, pawang geni baru dipakai sebagai percobaan dan dititipkan kepada masyarakat. Harga per unitnya Rp 10,3 juta.

"Yang penting bisa dipindah-pindah, bisa juga evaluasi dengan cara lain, ada yang bisa pakai sepeda motor, tapi memang harus diputuskan caranya," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com