Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waah... Pawang Geni Jokowi Gagal Padamkan Api

Kompas.com - 01/03/2013, 16:48 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat penanggulangan kebakaran yang selalu dibangga-banggakan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, yaitu pawang geni, gagal memadamkan api. Kejadian tersebut terlihat saat simulasi penanganan kebakaran dalam acara HUT Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebakaran (Pusdiklatkar), Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (1/3/2013).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, simulasi itu berawal dengan petugas Dinas Pemadam Kebakaran DKI yang melemparkan bensin ke arah rumah kayu yang ada di tengah lapangan. Api pun membesar membakar rumah kayu itu.

Beberapa saat kemudian, datang beberapa petugas kebakaran mendorong satu alat pawang geni berwarna merah secara manual. Kemudian, petugas Dinas Kebakaran itu memompa air yang ada di tong besar.

Namun sayang, air hanya keluar sedikit dan muncrat-muncrat dari ujung selang. Karena terus dipaksa untuk dipompa agar airnya deras, akhirnya katup air yang terhubung dengan selang lepas. Air pun mengalir keluar tak beraturan dari katup air di tong tersebut.

Melihat api yang semakin membesar dan pawang geni yang tak dapat menanggulangi kebakaran itu, akhirnya beberapa petugas kebakaran berteriak untuk mendatangkan mobil pemadam kebakaran.

Satu unit mobil pemadam kebakaran pun datang ke tengah lapangan, dan segera petugas mengeluarkan selang air yang mengalirkan air untuk memadamkan kebakaran. Dalam hitungan detik, api yang membakar rumah itu akhirnya padam.

Sejatinya, pawang geni adalah tong penampung air berkapasitas 200 liter yang diletakkan di atas besi beroda, dilengkapi pompa, selang sepanjang lebih kurang 10 meter, dan alat penyemprot seperti milik pemadam kebakaran. Alat ini memiliki dimensi lebar 80 cm dan tinggi 150 cm.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengklaim bahwa pawang geni lebih efektif dari fire motor yang pernah dipromosikan oleh mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo. Fire motor ini dilengkapi 20 jenis alat pendukung pemadam api, antara lain pompa portabel, motor roda tiga, tangki air/foam 20 liter, selang gulung 2,5 inci x 20 meter, satu unit hose reel 20 meter, dua unit selang pengisap 3,5 inci x 3 meter dengan tekanan kerja 10 bar, satu unit nozzle atau pipa pemancar 2,5 inci tipe jet/spray, satu foam induktor, satu saringan isap kuningan, dua kampak personel, satu fire helmet, satu stel fireman suit, dan satu alat pengeras suara atau megafon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com