Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketinggian Air Katulampa Berangsur Turun

Kompas.com - 05/03/2013, 00:29 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Ketinggian permukaan air di Pintu Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Senin (4/3/2013) berangsur turun dari 2,5 meter menjadi 2 meter. Ketinggian air pun pada pukul 22.20 WIB bertahan di level 1,2 meter atau berstatus siaga III banjir.

"Ketinggian air berangsur turun mulai pukul 18.30 WIB dari 250 cm menjadi 200 cm, lalu pukul 19.00 WIB 150 cm," kata Andi Sudirman, Kepala Pelaksana Harian Bendungan Katulampa, Senin.

Andi memprakirakan tidak akan ada kenaikan paras lagi. Air akan berangsur surut seiring hujan yang mereda di kawasan Puncak Pass, Bogor. "Pukul 20.00 WIB, air turun lagi jadi 140 cm, dan pukul 22.20 WIB bertahan di 120 cm," ujar Andi.

Hingga menjelang pukul 23.00 WIB, wilayah Puncak masih hujan gerimis. Namun, hal itu diperkirakan tidak akan menambah volume air di Bendungan Katulampa. "Kami terus bersiaga, memantau dan memonitor ketinggian air," katanya.

Andi memperkirakan air dari hulu akan sampai ke hilir Jakarta pada dini hari sehingga masyarakat yang tinggal di wilayah hilir Sungai Ciliwung diharapkan mewaspadai genangan air dari Ciliwung.

Menurut catatan petugas di Bendungan Katulampa, paras air ini merupakan yang tertinggi pertama selama bulan Maret. Sebelumnya, pada bulan Januari, paras mencapai level tertinggi, yakni 220 cm dengan status Siaga I banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com