Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepergok Sedang Bobol ATM, Dedi Babak Belur

Kompas.com - 05/03/2013, 20:05 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dedi Bahtiar (26) tertangkap basah saat tengah membobol unit anjungan tunai mandiri (ATM) di Sunter Agung, Jakarta Utara. Warga Johar Baru, Jakpus, ini pun sempat menjadi sasaran amuk warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

"Kejadiannya, sekitar jam 02.00 WIB dini hari. Korban sempat berputar-putar di sekitar lokasi untuk melihat situasi sebelum melancarkan aksinya," kata Komisaris Yono Suharto, Kapolsek Metro Tanjung Priok, Selasa (5/3/2013).

Setelah memastikan situasi sepi, Dedi lantas memarkirkan sepeda motornya, Honda Blade B 6858 BCJ, tepat di depan lokasi ATM OCBC NISP di Jalan Danau Agung, Blok R, RT 01 RW19 Sunter Agung. Di dalam ruang ATM, ia berupaya brankas ATM dengan menggunakan obeng, gunting, pahat, dan palu yang dibawa Dedi.

"Aksinya ternyata diperhatikan petugas keamanan setempat bernama Wandri (40)," imbuh Kapolsek.

Wandri lantas melaporkan kepada rekan-rekannya gelagat aneh yang terlihat dari balik kaca ruang ATM. Saat Wandri dan rekan-rekannya tiba, pelaku telah berhasil menjebol brankas.

"Tersangka memahat kunci brankas ATM menggunakan palu lalu mencongkelnya sehingga lobang kunci lepas," kata Kapolsek.

Melihat fakta bahwa Dedi telah membobol ATM, ia pun langsung ditarik keluar dari ruang ATM. Pria asal Bandar Lampung itu langsung menjadi sasaran amuk warga.

Beruntung, petugas Polsek melintas dan langsung mengendalikan situasi. Korban lantas diamankan ke Mapolsektro Tanjung Priok.

"Katanya mau menikah bulan depan tapi belum punya duit," kata Yono menjelaskan keterangan Dedi.

Karena alasan tersebut, Dedi nekat melakukan aksi membobol ATM. Hasilnya, pria tamatan sekolah dasar itu harus menjadi penghuni sel tahanan polsek untuk menjalani proses hukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com