Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Rajasa Janji Penuhi Permintaan Jokowi

Kompas.com - 06/03/2013, 12:41 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomia Hatta Rajasa berjanji memenuhi permintaan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mempercepat pembangunan tanggul raksasa atau Giant Sea Wall (GSW).

Hatta mengatakan, hasil kesimpulan dalam rapat koordinasi Jakarta Coastal Defence Strategy (JCDS) dan Metropolitan Priority Areas (MPA) menyetujui mempercepat pembangunan GSW dan pengembangan pantai Jakarta. Dari rencana semula akan mulai dibangun pada 2020, dipercepat dan akan dimulai pada 2014.

"Kenapa enggak dipercepat? Tim kita minta bekerja dalam satu minggu untuk mempercepat kajiannya, tahapan pertama 2014 bisa dimulai," kata Hatta di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2013).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyampaikan, sebagai langkah konkretnya, pada 2014 akan ditambah lagi anggaran melalui APBN dari anggaran yang telah tersedia di APBN tahun ini. Diperkirakan, mega proyek warisan Fauzi Bowo ini akan menyedot biaya sebesar Rp 280 triliun yang bobotnya akan dicondongkan dengan bantuan investor swasta.

"Dana yang tersedia, kita sediakan lagi pada APBN 2014, kita menginginkan Jakarta sebagai ujung tombak, di mana project ini lebih mengedepankan swasta dan tidak tergantung pada APBN," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com