Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terduga Teroris di Bekasi Terlibat Bom Beiji dan Perampokan CIMB

Kompas.com - 15/03/2013, 19:34 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu dari tujuh pelaku perampokan di toko emas di Tambora, Jakarta Barat, yang ditangkap di Bekasi, berinisal M. Dia diketahui terlibat bom Beiji yang meledak di Depok, Jawa Barat, dan juga perampokan di Bank CIMB Medan beberapa waktu lalu.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jendral Putut Eko Bayuseno mengatakan, komplotan pelaku perampokan tersebut memang memiliki kaitan dengan jaringan teroris.

"Ada tujuh orang yang kita tangkap. Satu atas nama M alias B ini merupakan pelaku perampokan CIMB Medan, dan salah satu tersangka kasus bom Beiji di Depok," kata Putut dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jumat (15/3/2013).

Putut mengatakan, enam rekan M lainnya ditangkap petugas di tempat berbeda. Mereka yang ditangkap masing-masing berinisial, H, A, S, T alias A, Kodrat alias P, dan Giting. Beberapa tersangka juga terpaksa ditembak petugas lantaran melawan saat hendak ditangkap.

"Empat orang hidup, tiga orang meninggal dunia," ujar Putut.

Selain itu, Putut mengatakan, pihaknya juga akan melakukan penyelidikan rekam jejak para pelaku apakah pernah melakukan aksi kejahatan lainnya sebelumnya. Sementara mengenai jaringan teroris para pelaku masih terus diselidiki.

"Kami sedang berkordinasi dengan Mabes Polri terkait ini," kata Putut.

Adapun barang bukti yang disita dari para tersangka yakni 5 senjata api rakitan, peluru kaliber 9 mm, 34 butir, 14 bom pipa, 2 sepeda motor, dan emas 1 kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com