Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tepati Janji, Gempur Habis Bangunan

Kompas.com - 18/03/2013, 13:25 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menepati janjinya untuk menggempur habis bangunan yang berdiri di sisi Sungai Pakin, Penjaringan, Jakarta Utara. Setibanya di lokasi, sekitar pukul 12.50 WIB, Gubernur langsung menilik beberapa titik pembongkaran bangunan di wilayah ini.

Titik pertama yang ia tengok adalah pembongkaran bangunan di Jalan Pluit Raya Selatan, dekat Sungai Pakin. Penertiban bangunan dan tembok-tembok pagar yang menyalahi aturan dirobohkan oleh sebuah unit alat berat dan ditujukan untuk pelebaran jalan.

Dari situ, mantan Wali Kota Surakarta ini langsung melangkahkan kakinya untuk meninjau kelanjutan normalisasi Sungai Pakin. Di sini, pria yang akrab disapa Jokowi itu kembali memastikan proses pengerukan terus berjalan dan penertiban bangunan terlaksana tanpa kendala berarti.

Tak puas sampai di situ, Jokowi kembali meninjau proses normalisasi Sungai Jelakeng dari SPBU Gedong Panjang. Dari satu lokasi ke lokasi lainnya hanya berjarak 30-50 meter.

"Tak ada yang menolak, masyarakat setuju. Kami selalu berbicara dengan masyarakat. Ini kan untuk kebaikan bersama," kata Jokowi, di sisi Sungai Pakin, Senin (18/3/2013).

Sebagai informasi, pengerukan Sungai Pakin dijadikan Jokowi sebagai percontohan program normalisasi sungai. Selain kedalaman dan lebar sungai yang ditambah, sisi-sisi sungai juga akan dijadikan jalan alternatif dan dihijaukan.

Di lokasi, tampak juga Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono. Meski tak ada penolakan berarti dari warga, proses penertiban bangunan dan pengerukan sungai dikawal aparat kepolisian, personel Satpol PP, dan beberapa personel TNI.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com