Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Normalisasi Ciliwung, Ribuan Warga Jaksel Akan Direlokasi

Kompas.com - 20/03/2013, 19:20 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan rumah warga di bantaran Sungai Ciliwung di area Jakarta Selatan akan direlokasi untuk memperlancar pelaksanaan normalisasi sungai tersebut.

Hal tersebut disampaikan pelaksana tugas Wali Kota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor dalam acara paparan Musyawarah Perencanaan Pembangunan(Musrenbang) 2014, Rabu (20/3/2013) di kantor Wali Kota Jakarta Selatan. Menurut Syamsuddin, dari pendataan yang sudah dilakukan, terdapat 4.932 bangunan yang terkena imbas dalam trase normalisasi Sungai Ciliwung.

"Itulah yang merupakan lokasi kumuh dan kebanyakan pembangunannya ilegal," kata Syamsuddin.

Di wilayah Jakarta Selatan, ada empat kecamatan yang dilalui Sungai Ciliwung, yaitu Jagakarsa, Pasar Minggu, Pancoran, dan Tebet. Rencana pelebaran Sungai Ciliwung akan mencapai 65 meter dan sudah pasti rumah yang berada di bantarannya akan direlokasi.

Syamsudin mengatakan, nantinya untuk urusan pembebasan lahan akan menjadi kewenangan Badan Pertanahan Nasiional, sedangkan infrastruktur dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum. "Kewenangan utama kita hanya pendataan dahulu," ujar Syamsuddin.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadikan normalisasi beberapa sungai di Jakarta sebagai kebijakan prioritas sebagai upaya penanggulangan banjir di Jakarta. Selain normalisasi sungai, Jokowi juga melakukan normalisasi waduk, seperti yang dilakukan di Waduk Pluit di mana ribuan warga di sekitarnya direlokasi ke rumah susun di Marunda, Jakarta Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com