Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 820 Juta untuk Mempermulus Jalanan Rusak di Jakarta

Kompas.com - 21/03/2013, 08:24 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pascamusim hujan, banyak jalanan rusak yang mengakibatkan kemacetan dan kecelakaan pada pengendara. Dinas PU DKI Jakarta pun sudah menyiapkan dana untuk membuat jalan kembali mulus dan kapasitasnya bertambah.

Kepala Dinas PU DKI Manggas Rudy Siahaan mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan dana tak terduga Rp 820 juta untuk perbaikan infrastruktur jalan. Jalan yang diperbaiki sepanjang 32 kilometer.

"Ada perbaikan-perbaikan infrastruktur. Infrastruktur itu kan macam-macam, ada perbaikan, pelebaran jalan, sehingga melalui infrastruktur ini jangan sampai masyarakat ada yang celaka," kata Manggas, di Balaikota Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Sementara untuk perbaikan jembatan, dalam waktu dekat ini, Dinas PU DKI akan memperbaiki jembatan yang berada di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur. Menurut dia, di setiap jembatan biasanya ada tikungan yang berbahaya. Namun, Dinas PU DKI akan membuat sebuah smooth agar meningkatkan kapasitas di jembatan ataupun di persimpangan.

Tikungan-tikungan, kata dia, juga dirapikan dengan sedikit perbaikan, tetapi juga meningkatkan kapasitas simpang sehingga mengurangi kemacetan lalu lintas. Artinya, jelas Manggas, perbaikan-perbaikan ini akan mengurangi pengendara sepeda motor yang celaka.

Mantan Asisten Deputi Gubernur Bidang Transportasi itu mengatakan, Dinas PU DKI memberikan fokus bagaimana mengurangi kemacetan lalu lintas dengan meningkatkan kapasitas jalan baik dari lajur, jumlah lajur, lebar lajur, dan juga melalui peningkatan kapasitas simpang.

Masyarakat, kata dia, bisa ikut berperan serta dengan mengadu melalui akun Twitter Dinas PU DKI, yaitu @PoskoDPUDKI dan control room PU.

Adapun beberapa pengerjaan pelebaran dan perbaikan jalan yang telah dilaksanakan Dinas PU DKI, antara lain, di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat yang menelan anggaran sekitar Rp 125 juta dan Jalan HR Rasuna Said yang ditambah dengan pembuatan trotoar sepanjang tujuh kilometer dengan menelan biaya Rp 2 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com