Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Harap Tol Tanjung Priok Selesai 2014

Kompas.com - 22/03/2013, 18:37 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan jalan tol akses pelabuhan Tanjung Priok sedang dalam tahap pengerjaan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan, sejumlah hambatan pembangunan yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI telah mulai diselesaikan.

"Nanti kalau semuanya rampung, jalan tinggal kita belokkan ke sini dan selesai. Rampung semuanya sampai ke sini, 2014 insya Allah selesai," kata Jokowi di Pelabuhan Kalibaru atau New Priok, Jakarta Utara, Jumat (23/3/2013).

Terkait pembangunan akses tol, Pemprov DKI berperan dalam pembebasan lahan. Beberapa hambatan yang dihadapi di antaranya kepemilikan lahan yang masih belum jelas, lahan Makam Mbah Priok, dan relokasi pedagang kaki lima (PKL).

"Kemarin kami diminta menjembatani soal tanah yang sudah 3,5 tahun bermasalah. Kalau, soal PKL, tadi pagi sudah bersih," terang Jokowi.

Sementara itu, terkait makam Mbah Priok, Jokowi menjelaskan perwakilan pemerintah akan mengadakan pembicaraan dengan para ulama dan para ahli waris Mbah Priok. Jalur makam tersebut seharusnya dilintasi jalan tol dan jalur turunan keluar (direct ramp) dari jalan tol. Dari keterangan Jokowi, jalur keluar kemungkinan akan dibelokkan untuk menghindari area makam Mbah Priok.

Untuk diketahui, jalan tol akses Tanjungpriok memiliki panjang 16,1 kilometer. Jalan tol ini terdiri dari beberapa ruas jalan, yakni seksi E1 (Rorotan-Cilincing), seksi E2 (Cilincing-Jampea), seksi E2A (Jampea Simpang Jampea), seksi NS (Link Simpang Jampea-Jl Yos Sudarso) dan seksi NS Direct Ramp.

Jokowi hadir di Kalibaru untuk mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara peresmian tiang pancang (ground breaking) pembangunan Pelabuhan New Priok. Menurut Jokowi, keberadaan New Priok sangat dinantikan Jakarta dan Indonesia untuk menggerakkan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Pergerakan ekonomi di Jakarta dan Indonesia ke depan akan kelihatan, meloncatnya sejauh mana, karena hampir 70-an persen (keluar masuk barang) lewatnya dari Tanjung Priok. Pelabuhan ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi Jakarta dan Indonesia," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com