Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Kejahatan dan Kecelakaan di Waktu Malam, 6.016 Lampu Jalan Diperbaiki

Kompas.com - 10/04/2013, 01:57 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 6.016 lampu jalanan yang sudah tidak berfungsi dan mati di sejumlah wilayah di Jakarta Pusat diperbaiki selama tiga bulan pertama 2013. Selain untuk memperindah kota, perbaikan lampu tersebut juga bertujuan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas dan kejahatan di malam hari.

"Kami upayakan semua lampu penerangan jalan umum berfungsi dengan baik sehingga semua jalan akan menjadi terang, khususnya di wilayah Jakarta Pusat," ujar Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat, Iswandi, Selasa (9/4/2013). Kondisi lampu pun akan diawasi dengan patroli maupun berdasarkan laporan masyarakat.

Perbaikan dan perawatan lampu penerang jalan meliputi penggantian komponen serta lampu, juga penggantian kabel-kabel yang hilang. Sejak Januari 2013 hingga akhir Maret 2013, sudah terdapat 6.016 lampu yang telah diperbaiki di Jakarta Pusat. Beberapa di antaranya adalah 182 lampu di taman Monumen Nasional (Monas), 10 lampu di Kebon Sirih, dan 35 lampu di Pasar Baru.

Iswandi mengatakan, perbaikan dan pengawasan tak akan optimal kalau tak ada kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga fasilitas umum ini. "Kami mengharapkan masyarakat juga ikut menjaga dan memelihara lampu tersebut. Jika ada kerusakan, silakan melaporkannya kepada kami," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com