Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Manjakan Warga Lansia hingga ke Liang Kubur

Kompas.com - 15/04/2013, 13:05 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perhatian Basuki Tjahaja Purnama kepada warga Jakarta yang sudah lanjut usia sangat besar. Dia ingin para orang tua itu bisa menikmati layanan gratis naik transjakarta, hingga mempersiapkan pemakaman mereka.

"Kami ingin membuat warga lansia bisa tidur dan duduk enak saat menggunakan bus transjakarta. Oleh karena itu, kami mau buat mereka yang sudah lansia dan punya KTP DKI seumur hidup naik transjakarta gratis," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta itu di Balaikota DKI Jakarta, Senin (15/4/2013).

Untuk mewujudkan itu, Pemprov DKI menggandeng Bank DKI untuk membuat sebuah kartu Jakcard khusus. Jakcard khusus warga lansia itu akan dilengkapi dengan foto identitas di atas kartu sehingga tidak bisa digunakan sembarangan.

Jadi, kata Basuki, Pemprov DKI akan memberikan kenyamanan bagi warga lansia yang selama ini tidak nyaman menggunakan transjakarta.

Basuki juga mengatakan bahwa Pemprov DKI akan memperluas areal pemakaman di DKI Jakarta. Salah satu lahan yang akan diperluas adalah Taman Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat.

"Kami mau memperluas pemakaman Tegal Alur. Kami mau membantu mereka sampai ke liang kubur. Ketika warga lansia meninggal, mereka harus meninggal dengan harga diri yang tinggi," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan warga lansia, Pemprov DKI juga akan menciptakan program dokter keluarga yang akan melayani di permukiman warga. Ia pun berjanji akan memenuhi otak, perut, dan dompet warga lansia untuk segera mewujudkan Jakarta Baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com