Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Agustinus, Turun Kau! Ini Sudah Tiga Hari"

Kompas.com - 17/04/2013, 14:39 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Fransiscus, pemanjat saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) di kawasan Senen, ternyata orang yang sama yang memanjat SUTET di kawasan Senayan pada Januari lalu, yakni Agustinus. Nama lengkapnya adalah Fransiscus Agustinus.

Hal ini terungkap setelah seorang teman Fransiscus atau Agustinus memanggil namanya agar segera turun. "Agustinus, turun kau! Ini sudah tiga hari," teriak Maxi dari bawah SUTET tersebut, Rabu (17/4/2013).

Maxi membenarkan jika si pemanjat SUTET yang terletak di depan Pasar Senen ini dengan pemanjat tower SUTET di kawasan Senayan, beberapa waktu lalu, ialah orang yang sama. "Nama panjangnya Fransiscus Agustinus. Iya, benar dia yang manjat di (SUTET) Senayan," ujarnya kepada Kompas.com.

Pria kelahiran Flores, 23 Juni 1968, ini memanjat SUTET di kawasan Senayan pada 31 Januari. Alasannya sama, karena masalah pencaplokan tanah di Surabaya yang akhirnya membuat ia nekat menaiki SUTET bertegangan 150.000 volt ini. Ia bertahan selama empat hari di atas SUTET Senayan.

Sementara di SUTET Senen, sudah tiga hari ia bertahan di atas menara. Kali ini pria 44 tahun tersebut menaiki SUTET karena masalah ganti rugi kepada PLN yang membangun pembangkit listrik tenaga panas uap bumi yang berada di Flores.

Aksi Fransiscus ini masih menjadi daya tarik bagi pengendara kendaraan bermotor yang melintas. Sebagian dari mereka ada yang menyempatkan diri untuk mengabadikan aksi Fransiscus melalui ponsel.

Sementara itu, di bawah tempat SUTET itu berdiri terdapat dua petugas kepolisian yang selalu mengawasinya. "Ini tidak lama, kok. Mudah-mudahan sebentar lagi dia turun," kata Maxi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com