Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Hujan, Polisi Disebar Atur Lalu Lintas

Kompas.com - 22/04/2013, 10:57 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras kembali mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya Senin (22/4/2013) mulai pukul 10.00 WIB. Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya mengantisipasi lokasi kemacetan dan wilayah genangan air dengan mengerahkan ratusan petugas lalu lintas untuk membantu kelancaran arus.

"Untuk yang ada genangan air dan kemacetan kita tempatkan anggota. Saat ini sudah ada 100 personel yang kita siagakan. Nanti di-back up dari Polda untuk penambahan," kata Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Senin (22/4/2013).

Pihaknya juga berkoordinasi dengan sejumlah instansi mengantisipasi sejumlah masalah dan gangguan lalu lintas yang biasa muncul saat hujan terjadi. Seperti genangan air dan juga pohon tumbang yang bisa terjadi dan mengganggu kelancaran arus bagi pengendara.

"Untuk mengecek dampak hujan, nanti kalau ada pohon tumbang, akan disampaikan dan dikoordinasikan dengan Dinas Pertamanan. Untuk genangan air nanti dikoordinasikan dengan Dinas PU," ujar Budiyanto.

Sementara itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga memanfaatkan jejaring sosial yang dimiliki dalam memberikan informasi mengenai situasi arus lalu lintas kepada masyarakat.

"Untuk antisipasi kemacetan, kita punya jejaring sosial seperti twitter dan facebook, kalau ada genangan air kita kabarkan ke masyarakat," katanya.

Polisi juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan hujan yang belakangan sering terjadi. Pengendara diminta tidak berhenti memarkirkan kendaraan di pinggir jalan agar tidak menyebabkan kemacetan.

"Yang pertama hindari jalan yang ada genangan air, kemudian di bawah terowongan jembatan jangan digunakan untuk berteduh karena akan menyebabkan kemacetan. Berhati-hati berkendara saat hujan dan jarak pandang diperhatikan," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com