Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perintah Jokowi yang Tak Bisa Ditawar

Kompas.com - 17/05/2013, 09:19 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah dua bulan kursi orang nomor satu di Jakarta Barat kosong, pagi ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengangkat Fatahillah sebagai Wali Kota Jakarta Barat. Jokowi memiliki tiga pesan utama kepada mantan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat tersebut.

"Saya hanya berpesan tiga hal kepada wali kota baru. Ini tidak bisa ditawar dan saya minta ini segera direalisasikan," kata Jokowi di Rusunawa Angke, Kecamatan Tambora, Jakara Barat, Jumat (17/5/2013).

Pesan pertama adalah ia meminta wali kota untuk segera melaksanakan revitalisasi kawasan Kota Tua. Percepatan revitalisasi ini, kata dia, sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi dan juga sebagai pembentukan nilai Jakarta Baru.

Selanjutnya, pesan kedua adalah perbaikan infrastruktur dan fasilitas publik lainnya, terutama akses jalan. "Saya lihat kondisi jalan kurang baik. Tolong lakukan percepatan karena ini berdampak pada banyak hal, bukan hanya keamanan dan kenyamanan masyarakat," kata Jokowi.

Amanatnya yang terakhir adalah ia meminta Fatahillah untuk fokus mengurusi sungai dan sampah di Jakarta Barat. Selama Jokowi blusukan ke Jakarta Barat, ia merasa banyak sungai di Jakarta Barat yang sudah dangkal karena terhambat oleh sedimen dan tumpukan sampah.

Menurut mantan Wali Kota Surakarta itu, pengendapan sedimen di sungai sangat berbahaya kalau terjadi hujan. Bukan hanya banjir, melainkan juga dapat mengakibatkan penyakit dan dampak sosial ekonomi lainnya.

"Sebelum banjir, segera bersihkan dan angkat sedimen," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, tiga program prioritas ini sudah tidak bisa ditawar. Ia percaya ini akar pemecahan masalah selanjutnya.

Jokowi resmi melantik Fatahillah menjadi Wali Kota Jakarta Barat di Rusunawa Angke, Tambora. Tradisi pelantikan pimpinan kota di DKI Jakarta yang biasanya dilakukan di Balaikota Jakarta berubah sejak Jokowi dan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama memimpin Ibu Kota.

Sebelumnya, Jokowi pernah melantik Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto dan wakilnya, Husein Murad, di Kampung Pulo Jahe, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur. Setelah itu, beberapa hari lalu, Jokowi juga melantik Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor di Setu Babakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com