Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walkot Jakbar: Saya Juga Malu Kalau Begitu ke Pak Gubernur

Kompas.com - 22/05/2013, 08:40 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fatahillah mulai menjajaki untuk mewujudkan pesan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat melantik dirinya sebagai Wali Kota Jakarta Barat. Dia juga mengaku malu jika daerahnya kotor.

"Saya malu kalau kotor seperti itu ke pak gubernur. Apalagi kalau banyak sampah dan banjir," kata Fatahillah saat kepada Kompas.com, Selasa (21/5/2013).

Menurut mantan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat ini, saat ini dia masih melakukan koordinasi dengan sudin-sudin terkait supaya bisa dilaksanakan secara pararel. Seperti merevitalisasi kawasan Kota Tua. Fatahillah mengatakan akan mempertahankan hal-hal yang sudah dilakukan oleh wali kota terdahulu.

Menurutnya, saat ini kesemrawutan pedagang kaki lima sudah mulai bisa dikurangi. Dia juga masih akan bekerja sama dengan usaha kecil dan menengah, camat, dan lurah supaya Kota Tua bisa tertata. "Kota Tua kan pengunjungnya masih cukup tinggi, makanya harus dijaga," ujarnya.

Sedangkan mengenai kebersihan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sudin kebersihan. Saat ini, tempat pembuangan sampah deperti di Cengkareng yang tidak terpadu akan segera dibenahi. Namun, karena dirinya baru menjabat selama beberapa hari, maka Fatahillah akan lebih sering melakukan koordinasi dengan sudin-sudin terkait.

Fatahillah melanjutkan, dia juga akan memantau kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap wilayah. Dia juga akan meminta masukan dari camat dan lurah di masing-masing wilayah untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Pesan ketiga adalah untuk jalan-jalan yang rusak di sekitar Jakarta Barat. Saat ini, seperti yang diinformasikan oleh sudin PU jalan, terdapat 600 lokasi jalan yang rusak. Akan tetapi, kewenangan tersebut bukan hanya kewajiban sudin Jakarta Barat. Tetapi harus ada bantuan campur tangan dari dinas dan kementerian PU.

"Kalau yang masuk dalam tupoksi sudin sekitar 200 titik lokasi yang harus diperbaiki," tambahnya.

Sebelumnya, setelah dua bulan kursi orang nomor satu di Jakarta Barat kosong, pagi ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengangkat Fatahillah sebagai Wali Kota Jakarta Barat. Jokowi memiliki tiga pesan utama kepada mantan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat tersebut.

Jokowi resmi melantik Fatahillah menjadi Wali Kota Jakarta Barat di Rusunawa Angke, Tambora. Tradisi pelantikan pimpinan kota di DKI Jakarta yang biasanya dilakukan di Balaikota Jakarta berubah sejak Jokowi dan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama memimpin Ibu Kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com