Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbengkalai, Rusun Komaruddin Jadi Tempat Pacaran

Kompas.com - 31/05/2013, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Komaruddin di Jalan Pangeran Komaruddin, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, kondisinya sangat memprihatinkan. Bahkan, Rusunawa Komaruddin tersebut sering dijadikan tempat untuk memadu kasih para pasangan muda.

Tasin (50), mantan petugas keamanan Rusunawa Komaruddin, mengatakan, rusunawa yang terbengkalai tersebut adalah salah satu rusunawa yang dihibahkan oleh Kementerian PU kepada Pemprov DKI. Namun, kondisi yang kurang terawat membuat tempat tersebut menjadi tempat persinggahan anak muda.

"Kalau siang, tempat ini jadi lokasi ngadem, anak-anak sekolah yang bolos. Tapi, kalau malam, kalau sampai jam 9, masih ada yang nongkrong saya usir," kata Tasin, Jumat (31/5/2013).

Menurut Tasin, terbengkalainya rusunawa tersebut dipicu oleh tidak diperpanjangnya empat petugas keamanan rusunawa, termasuk dirinya. Sebelumnya, empat penjaga tersebut juga sempat tidak mendapatkan gaji selama satu tahun dari pengembang.

Saat ini, kondisi Rusunawa Komarudin yang terletak di Jalan Pahlawan Komaruddin, RT 04/08, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, memang sangat memprihatinkan. Tembok enam twin blok yang ada di rusun ini sudah terkelupas.

Corat-coret menghiasi dinding setiap bangunan, sementara empat kolam yang semula digunakan sebagai bagian sistem drainase sudah menjadi tempat bermain bebek. Bahkan, kabel dan alumunium yang ada dari empat dari enam twin blok yang ada di rusunawa ini sudah habis dijarah.

Sekadar informasi, sebanyak 14 blok kembar rusunawa itu berlokasi masihg-masing di Marunda 2 blok, di Penggilingan Pinus Elok 4 blok, di Jalan Komarudin 6 blok, dan di Cipinang Besar Selatan 2 blok. Semua totalnya 1.400 unit rusunawa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com