Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susahnya Menertibkan PKL di Tanah Abang

Kompas.com - 07/06/2013, 11:48 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PKL kembali meramaikan Jalan Kebon Jati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, setelah sempat ditertibkan pada Rabu (5/5/2013) lalu. Menurut Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat Sunardi Sinaga, pihaknya kesulitan menertibkan PKL di Tanah Abang karena tidak ada dukungan serius dari pengelola pasar.

"Sehebat apapun di hilir (penertiban) kalau hulunya enggak bertindak, maka akan begini terus sampai kapan pun. Kalau kita keinginan Kebon Jati dibongkar supaya bisa difungsikan jadi jalan raya, sebab kan jalan tembus ke stasiun," ujar Sunardi, Jumat (7/6/2013), di Pasar Tanah Abang.

Sunardi menyarankan, sebaiknya pengelola Pasar Tanah Abang pro-aktif ikut melakukan pembenahan, yaitu dengan melakukan koordinasi kepada para PKL serta padagang-pedagang lainnya.

"Bagaimana agar orang (pedagang) mau masuk ke dalam pasar. Katanya kan di Blok G tempatnya enggak beres, enggak mau ke sana," jelas Sunardi.

Sunardi mengungkapkan, dalam pertemuan dengan pengelola gedung, mereka menyataka siap untuk melakukan pembenahan, namun tidak tahu hal itu akan dilakukan. "Mereka akan mendesain ulang dan berbenah, tapi tidak tahu kapan," ungkap Sunardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com