Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tahun Waduk Pluit Kembali Asri

Kompas.com - 14/06/2013, 10:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses normalisasi Waduk pluit, Jakarta Utara, terus berjalan. Meski sempat ditentang warga, kini kawasan di sekitar waduk mulai tampak lebih asri.

Sebelumnya, area sekitar waduk dipadati rumah liar penduduk. Ratusan warga membangun rumah semipermanen di sekitar waduk. Akibatnya, lahan bebas di sekitar waduk berkurang. Banjir pun selalu mengancam warga di sekitar waduk dan Jakarta. Sebab, waduk tak dapat menampung air hujan.

Sekarang pengerukan lumpur waduk terus berlangsung. Sehingga, kedalaman waduk bertambah. Tadinya, kedalaman waduk hanya 2 meter, saat ini sudah mencapai lebih dari 5 meter.

Demikian pula pembangunan jalan inspeksi di pinggir waduk. Pembangunan jalan inspeksi di pinggir waduk. Pembangunan jalan telah mencapai panjang 1.200 meter dari target sepanjang 2 km. Jalur ini dipergunakan untuk lalu lintas kendaraan dari Pantai Mutiara menuju Jalan Gedong Panjang.

Proyek normalisasi ini secara keseluruhan akan tuntas dalam dua tahun. Wadulk Pluit yang sudah ada sejak 1987 lalu dan memiliki luas 80 hektar dan terokupasi seluas 20 hektar ini akan dikembalikan ke semula.

Memang, waktu pekerjaannya membutuhkan waktu lama karena saat ini baru 8 hektar yang sudah bebas. Hal ini disebabkan karena menunggu selesainya pembangunan rumah susun. Dengan demikian, sekitar 7.000 warga yang masih menempati 12 hektar Waduk Pluit nantinya secara bertahap akan dipindah ke rusun sehingga Waduk Pluit secara utuh akan kembali ke semula.

Kedalaman waduk juga akan dikembalikan menjadi 10 meter sehingga menampung 17 juta meter kubik air yang berasal dari Kali Ciliwung di Gajah Mada, Kali Cideng, dan Kali Angke.

Jika hal itu sudah terealisasi sangat memungkinkan airnya bisa diolah menjadi air bersih untuk kebutuhan warga. Waduk tersebut kelak bisa difungsikan sebagai penunjang aktivitas warga seperti olahraga, sarana rekreasi alam dan lainnya.

Saya berharap Waduk Pluit setelah normalisasi akan kembali seperti 25 tahun lalu, yakni waduk yang asri, dengan air berlimpah dan jernih tanpa sampah. Tentu saja ini akan terwujud jika semua pihak mendukung upaya Pemerintah DKI menormalisasikan waduk-waduk di Jakarta, khususnya Waduk Pluit. (Ir Heryanto, Koordinator Normalisasi Waduk Pluit)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com