Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Rob Terjadi karena Rusaknya Pompa Air di Kali Ancol

Kompas.com - 14/06/2013, 16:52 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Banjir pasang air laut atau rob yang menggenangi kawasan Jalan Gunung Sahari di depan WTC Mangga Dua terjadi karena rusaknya pompa air di Kali Ancol. Hal ini mengakibatkan air laut masuk ke dalam sungai sehingga menyebabkan banjir rob.

"Pompa air rusak. Jadinya, air laut masuk ke sungai dan tidak bisa dibuang ke laut lagi. Ini juga berimbas ke Pademangan karena aliran sungai mengarah ke sana," kata Jejen, petugas pintu air Grogol, ketika dihubungi, Jumat (14/6/2013).

Jejen menjelaskan, pihaknya telah menggunakan pompa mobil untuk menggantikan pompa-pompa yang rusak. Akan tetapi, pompa mobil ini tidak sekuat pompa-pompa air yang biasa menyedot air sungai ke laut. "Butuh waktu dua minggu untuk memperbaiki pompa air. Sekarang kami mengupayakan dengan menggunakan pompa mobil untuk menyedot air ke laut," ujarnya.

Banjir rob di kawasan Jalan Gunung Sahari terjadi sejak kemarin. Sampai saat ini, banjir masih menggenangi jalan setinggi sekitar 60 sentimeter. Akibatnya, kemacetan terjadi di Jalan Gunung Sahari mengarah Senen. Sebagian kendaraan yang melintas di jalan tersebut mogok akibat tingginya genangan rob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com