Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Rob di Depan WTC Mangga Dua Berangsur Surut

Kompas.com - 15/06/2013, 14:25 WIB
Zico Nurrashid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir pasang luapan air laut (rob) yang menggenangi Jalan Gunung Sahari tepatnya di depan WTC Mangga Dua, Pademangan, Jakarta Utara berangsur surut. Saat ini ketinggian air di jalan tersebut setinggi sekitar 20 centimeter.

Menurut seorang pemilik toko material yang berjualan di sisi Jalan Gunung Sahari, Lucky, banjir rob tersebut mulai surut sejak pagi tadi. "Tadi saya datang ke toko jam 07.00 sudah agak surut kok," terang Lucky di depan tokonya, Sabtu (15/6/2013).

Walaupun sudah mengalami penyurutan, antrean kendaraan di Jalan Gunung Sahari mengarah Senen tetap terjadi. Para pengendara yang melintas tampak memperlambat laju kendaraan mereka karena masih adanya genangan sekitar 20 centimeter.

Selain itu, para pengendara berebut untuk melewati jalur busway yang permukaan jalannya lebih tinggi dibandingkan jalan untuk kendaraan umum. Lucky sendiri baru membuka kembali tokonya hari ini, setelah kemarin ia memutuskan untuk menutup tokonya karena air rob tersebut masuk ke dalam toko bahan-bahan materialnya itu.

"Udah kena banjir sejak hari Kamis kemarin, pas hujan besar itu. Kemarin, Jumat, saya tutup, baru sekarang buka lagi," kata Lucky. Sampai saat ini pun masih terdapat sedikit genangan yang berada di dalam toko miliknya tersebut.

Lucky adalah salah satu dari sekian pedagang di sisi Jalan Gunung Sahari yang terkena imbas dari banjir rob yang menerjang kawasan tersebut sejak Kamis (13/6/2013) petang. Saat itu luapan air laut terjadi ditambah dengan hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Ibukota serta rusaknya pompa air di Kali Ancol, yang menyebabkan genangan di jalan itu terjadi.

Kemarin, ketinggian air rob mencapai sekitar 60 centimeter. Akibatnya, kemacetan total terjadi karena banyaknya kendaraan yang memperlambat laju, bahkan tak jarang pula kendaraan mogok karena memaksa melewati banjir itu. Selain itu banyak toko yang berada di sisi jalan yang tutup karena toko mereka juga terkena dampak Rob ini. Hanya sebagian kecil toko saja yang membuka dagangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com