Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNN Gelar Dugem Sehat di Bundaran HI

Kompas.com - 16/06/2013, 08:04 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam rangka menyambut Hari Anti Narkoba Internasional sekaligus HUT Jakarta ke-486, Badan Narkotika Nasional menggelar Dugem Sehat di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/6/2013).

Deputi BNN Bidang Rehabilitasi dr Kusman Suriakusumah mengatakan, tujuan Dugem Sehat ini adalah membantu pencandu narkoba yang selama ini merasa terkucilkan dan menutup diri.

Diharapkan, para pencandu mau keluar dan melaporkan diri. "Ini ide dari masyarakat. Yang merasa dirinya candu atau korban, silakan melaporkan diri dan nanti kita bantu. Pakai cara-cara seperti ini supaya mereka mau datang dan kita layani," ujar Kusman.

Kusman mengungkapkan, Jakarta merupakan daerah yang memiliki jumlah tinggi pencandu narkoba di Indonesia, yaitu sekitar 490.000 orang atau tujuh persen dari populasi.

Adapun para pencandu itu berada di usia 10-59 tahun. "Paling tinggi di Indonesia, rata-rata nasional. Provinsi yang lain 2,2 persen. Jika dihitung-hitung ada 70 orang per RW," ungkapnya.

Acara Dugem Sehat ini dipandu sejumlah artis seperti Vicky Burki, Rizal Djibran, DJ Bran, dan Favor Boyband. Acara berlangsung pada Minggu pagi dan bertepatan dengan acara car free day sehingga Dugem Sehat ini cukup menyita perhatian warga Ibu Kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com