Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Ini, Basuki "Groundbreaking" Dua Rusun Baru

Kompas.com - 19/06/2013, 11:17 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemprov DKI akan memulai pembangunan Rumah Susun Muara Baru, Jakarta Utara; dan Daan Mogot, Jakarta Barat; pekan ini. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pelaksanaan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Rumah Susun Daan Mogot (Rusun Daan Mogot) akan dilakukan pada Kamis (20/6/2013). Adapun groundbreaking Rusun Muara Baru akan dilakukan pada Jumat (21/6/2013).

"Pokoknya pekan ini, pembangunan kedua rusun itu mulai dilakukan," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Oleh karena itu, seiring dengan pembangunan, Pemprov DKI pun akan menyeleksi warga yang dapat menghuni kedua rusun tersebut. Warga yang berhak menghuni kedua rusun itu, kata dia, diprioritaskan kepada warga normalisasi sungai dan waduk. Supaya penyeleksian berjalan aman, Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian.

"Keinginan Pak Gubernur, begitu rusun jadi, semua normalisasi sungai sudah harus jalan. Jadi, orang-orang yang tinggal di bantaran sungai kita pindahkan. Kita lagi seleksi mereka. Sekarang, kita datangi warga, kita cek. Kalau kamu tinggal di lokasi yang akan kita bongkar, kamu dapat rusun," ujar Basuki.

Pembangunan kedua rusun tersebut merupakan kewajiban pengembang sehingga tidak menggunakan dana APBD DKI 2013. Tiap-tiap rusun akan dibangun sebanyak delapan menara atau blok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menargetkan bahwa pembangunan rusun dapat rampung dalam sembilan bulan. Setelah itu, 16 blok di dua rusun tersebut dapat dihuni oleh warga DKI Jakarta yang menjadi korban normalisasi sungai dan waduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com